Jenis asesmen menurut tujuan
A. Penilaian
Diagnostik
1.
Pengertian Penilaian Diagnostik.
Penilaian diagnostik adalah penilaian yang bertujuan untuk
mengetahui kelemahan-kelemahan siswa serta faktor-faktor penyebabnya.
2. Fungsi dan
Tujuan Penilaian Diagnostik.
Fungsi Penilaian
Diagnostik yaitu untuk mengetahui masalah-masalah yang diderita atau
mengganggu peserta didik, sehingga peserta didik mengalami kesulitan, hambatan,
atau gangguan ketika mengikuti program pembelajaran dalam suatu bidang studi.
Kesulitan peserta didik tersebut diusahakan pemecahannya.
Tujuan Penilaian
Diagnostik yaitu Untuk membantu kesulitan atau mengatasi hambatan yang
dialami peserta didik waktu mengikuti kegiatan pembelajaran pada suatu bidang
studi atau keseluruhan program
pembelajaran.
B. Penilaian Formatif
1) Pengertian Penilaian Formatif
Penilaian formatif adalah
penilaian hasil belajar yang bertujuan untuk mengetahui, sudah sejauh manakah
peserta didik “telah terbentuk” (sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah
ditentukan) setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu.
Perlu diketahui bahwa istilah “formatif” itu berasal dari kata “form” yang
berarti “bentuk”. (Sudijono, 2005 : 71). Penilaian formatif adalah penilaian
yang dilakukan pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar atau setiap
akhir pembahasan suatu pokok bahasan/ topik agar siswa dan guru memperoleh
informasi (feedback) mengenai
kemajuan yang telah dicapai.
2) Tujuan, Fungsi dan Manfaat Penilaian Formatif
Tujuan Penilaian
Formatif
1. Penilaian formatif adalah mengetahui sejauh mana
program yang dirancang dapat berlangsung, sekaligus mengidentifikasi hambatan.
Fungsi Penilaian
Formati
Fungsi
utama dari penilaian formatif adalah untuk mengetahui keberhasilan dan
kegagalan proses belajar mengajar, dengan demikian dapat dipakai untuk memperbaiki
dan menyempurnakannya.
C) Penilaian Sumantif
1) Pengertian Penilaian sumatif
Penilaian sumatif adalah penilaian yang dilaksanakan pada
akhir unit program misalnya penilaian yang dilaksanakan pada akhir caturwulan,
akhir semester atau akhir tahun.
2) Fungsi dan tujuan penilaian sumatif
Fungsi dari penilain
sumatif yaitu untuk mengetahui angka atau nilai murid setelah mengikuti
program belajar dalam satu semester.
Tujuan penilaian
sumatif yaitu untuk mengetahui taraf hasil belajar yang dicapai oleh
peserta didik setelah melakukan program pembeljaran dalam satu semester,
akhirtauhn atau akhir program
pembelajaran pada suatu unit pendidikan tertentu.
Penilaian diagnostik adalah penilaian yang bertujuan untuk
mengetahui kelemahan-kelemahan siswa serta faktor-faktor penyebabnya.
Sumber: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195706131985031-MAMAN_ABDURAHMAN_SAEPUL_R/ASESMEN_ABK_2.pdf