Fungsi dan Jenis Asesmen Menurut Tujuan

by Unknown , at 21.52 , have 0 komentar
 Berikut akan dipaparkan mengenai Fungsi dan Jenis asesmen,




Jenis asesmen  menurut tujuan


A.      Penilaian Diagnostik
1.       Pengertian Penilaian Diagnostik.
Penilaian diagnostik adalah penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa serta faktor-faktor penyebabnya.
2.   Fungsi dan Tujuan Penilaian Diagnostik.
Fungsi Penilaian Diagnostik yaitu untuk mengetahui masalah-masalah yang diderita atau mengganggu peserta didik, sehingga peserta didik mengalami kesulitan, hambatan, atau gangguan ketika mengikuti program pembelajaran dalam suatu bidang studi. Kesulitan peserta didik tersebut diusahakan pemecahannya.
Tujuan Penilaian Diagnostik yaitu Untuk membantu kesulitan atau mengatasi hambatan yang dialami peserta didik waktu mengikuti kegiatan pembelajaran pada suatu bidang studi atau keseluruhan  program pembelajaran.

B.  Penilaian Formatif
1)   Pengertian Penilaian Formatif
Penilaian formatif adalah penilaian hasil belajar yang bertujuan untuk mengetahui, sudah sejauh manakah peserta didik “telah terbentuk” (sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah ditentukan) setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu. Perlu diketahui bahwa istilah “formatif” itu berasal dari kata “form” yang berarti “bentuk”. (Sudijono, 2005 : 71). Penilaian formatif adalah penilaian yang dilakukan pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar atau setiap akhir pembahasan suatu pokok bahasan/ topik agar siswa dan guru memperoleh informasi (feedback) mengenai kemajuan yang telah dicapai.

2)   Tujuan, Fungsi dan Manfaat Penilaian Formatif
Tujuan Penilaian Formatif
1.    Penilaian formatif adalah mengetahui sejauh mana program yang dirancang dapat berlangsung, sekaligus mengidentifikasi hambatan.
Fungsi Penilaian Formati
      Fungsi utama dari penilaian formatif adalah untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalan proses belajar mengajar, dengan demikian dapat dipakai untuk memperbaiki dan menyempurnakannya.


C) Penilaian Sumantif
1)  Pengertian Penilaian sumatif
Penilaian sumatif adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir unit program misalnya penilaian yang dilaksanakan pada akhir caturwulan, akhir semester atau akhir tahun.

2)  Fungsi dan tujuan penilaian sumatif
Fungsi dari penilain sumatif yaitu untuk mengetahui angka atau nilai murid setelah mengikuti program belajar dalam satu semester. 
Tujuan penilaian sumatif yaitu untuk mengetahui taraf hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik setelah melakukan program pembeljaran dalam satu semester, akhirtauhn atau akhir  program pembelajaran pada suatu unit pendidikan tertentu.
Penilaian diagnostik adalah penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa serta faktor-faktor penyebabnya.


Sumber: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195706131985031-MAMAN_ABDURAHMAN_SAEPUL_R/ASESMEN_ABK_2.pdf
Fungsi dan Jenis Asesmen Menurut Tujuan
Fungsi dan Jenis Asesmen Menurut Tujuan - written by Unknown , published at 21.52 . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Guru Sekolah Dasar by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-- -->